Temen-temen

Senin, 30 Juni 2014

Resume Industri Unggas Indolivestock



1.      PT. Mabar Feed Indonesia

PT. Mabar Feed Indonesia adalah perusahaan PMDN yang berdiri sejak tahun 1976 di kota Medan-Sumatera Utara yang merupakan salah satu perusahaan perintis dan terintegrasi yang bergerak dibidang industri pakan ternak dan pakan ikan. Seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi dari waktu ke waktu terutama dalam hal budidaya hasil peternakan maka PT. Mabar Feed Indonesia terus berupaya melakukan berbagai inovasi, diversivikasi dan expansi dari segala aspek. Sehingga, perusahaan ini tetap mampu memberikan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan mitra usahanya.

Salah satu produk dari perusahaan ini adalah dibidang breeding di bawah PT. Expravet Nasuba yang menyediakan ayam broiler PS. DOC, broiler FS. DOC, dan layer FS. DOC. Produk ini berupa DOC yang terdiri dari ayam broiler parent stock dan final stock serta ayam layer final stock.

Dibidang pemupukan, perusahaan ini memiliki beberapa produk. Produknya antaralain Mabar Fine Compost yang diproses dari limbah peternakan dengan menggunakan bakteri pengurai dan teknologi dekomposisi terkini yang telah teruji dan telah banyak digunakan untuk berbagai jenis komoditas tanaman pangan, sayuran, hortikultura, tanaman perkebunan, maupun perikanan/pertambakan.

Dalam pengolahan produk, perusahaan ini telah melakukan berbagai inovasi produk peternakan. Salah satunya adalah, perusahaan ini sedang mengembangkan telur ayam dengan berbagai rasa dan merubahnya menjadi tekstur jelly. Telur ini dikonsumsi bersamaan dengan camilan lain untuk makanan sehari-hari.

2.      PT. CJ Feed ( Cheil Jedang)

CJ Feed adalah perusahaan yang bergerak dibidang pakan dengan tag line-nya “Feeding the world with the best nutrition”. Konsep produk yang ditawarkan perusahaan ini terdiri atas beberapa kategori yaitu, Broiler Feed Product dengan konsep meningkatkan efisiensi mutu pakan yang diformulasikan dengan penggunaa strach sebagai sumber energi baik jumlah maupun tingkat laju kecernaannya serta mengoptimalkan pencernaan lemak. Membantu pemeliharaan status kesehatan usus (intestinal integrity). Meningkatkan pencapaian nutrient intake. Dan keseimbangan nutrisi dalam tiap fase pertumbuhannya. Yang kedua adalah Layer & Concentrate Feed Product dengan tiga keunggulan yaitu nutrisi yang optimum untuk produksi telur dan kualitas kerabang, nutrisi penunjang berupa kesehatan, pencegahan penyakit, control stress SCFA, probiotik dan antioxidant. Ramah lingkungan dengan enzym penunjang lebih ramah lingkungan Enzyme, Yucca Extract. Dan Breeder Feed Product dengan design nutrisi yang optimal untuk menghasilkan Doc yang sesuai untuk menunjang potensi genetiknya, nutrisi yang imbang antara energi dan nutrisi lainnya. Produk lainnya berupa Shrimp Feed Product, Doc Super Premium, dan Broiler Chicken Meat Product. Perusahaan CJ Feed tersebar di Indonesia antaralain PT CJ Feed Medan, PT CJ Feed Lampung, PT Cheil Jedang Superfeed, dan PT CJ Feed Jombang.

3.      BIB Lembang

Program magang mengikuti program lembaga mulai dari HMP yaitu perawatan rumput, jual pakan ternak, perawatan ternak, handing ternak, membersihkan ternak, berupa handing ternak hingga ternak satu ton. Pemeriksaan kesehatan hewan. Dan penampungan berupa penampungan sperma. Prosedur magang berupa pengiriman surat dari fakultas dengan isi kapan waktunya dan berapa orang. Waktu kegiatan magang dari BIB Lembang menyesuaikan waktu kuliah mahasiswa. Kegiatan magang tidak meliputi kegiatan inseminasi buatan. Untuk menjadi inseminator ada kegiatan khusus, sedangkan untuk IB ada program kursus sendiri. Pada saat magang  peserta lebih diberikan kepada kegiatan perawatan magang. 



4.      PT Alltech

Perusahaan ini bergerak pada bidang industry pakan memiliki salah satu program jangka panjang unggulan yang di sebut dengan Alltech Poultry Advantage program ini menyelesaikan masalah dengan cara pakan nutrisi alami untuk mengatasi masalah-masalah pada produksi dan profitabilitas unggas. Program ini melibatkan proses produksi secara keseluruhan, dari pakan sampai proses penetasan. Produk-produk yang di tawarkan berbahan alami yang kualitasnya telah terjamin.

5.      PT GX

Perusahaan GX atau Guangzhou Guangxing Poultry Equipment ini adalah perusahaan yang berasal dari China yang turut ikut serta di JCC pada acara Indolivestock. Produk perusahaan ini berupa bidang teknologi kandang, packing, pemotongan, pemberian makan, dan set telur dari alat pengumpulan hingga alat proses packing. Perusahaan GX memiliki tujuan untuk membangun perindustrian dunia peternakan dengan teknologi sehingga lebih cepat dan steril. Perusahaan ini memiliki banyak sekali. Salah satu produk yang canggih dari perusahaan ini yaitu mesin Complete set of automatic system yang berguna untuk peternakan ayam ras petelur dari sistem kandang hingga sterilisasi telur dan packer.

6.      Stand IPB di Indolivestock

Indolivestock merupakan acara tahunan tentang bidang peternakan, perikanan, dan pertanian. tahun ini di Indolivestock terdapat salah satu stand dari IPB yaitu stand dari bidang peternakan yang katanya gratis buat stand disebabkan ikatan alumni IPB dari bidang peternakan. tetapi tahun ini fakultas perikanan dan pertanian dari IPB tidak ikut serta dalam acara Indolivestock. Stand IPB dalam acara Indolivestock berada di sebelah kiri dekat dengan pintu keluar tempat tersebut kurang strategis karena sedikit dilalui oleh para pengujung acara. Oh iya, tulisan stand Fapet IPB disana bukan fapet tetapi FASTER.

7.  Fakultas Petenakan Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Airlangga

Tidak hanya stand Fapet IPB yang berada di acara Indolivestock tetapi juga ada stand dari Universitas lain yaitu dari Universitas Unsoed, UGM dan Airlangga. Mereka mengikuti acara ini untuk mengikti dengan perkembangan peternakan yang kian semakin maju. letak posisi stand mereka saling bersebelahan di bagian pojok kanan dari pintu masuk utama JCC walaupun stand mereka kecil yah kira-kira setengah dari stand IPB tetapi antusias mereka cukup bagus menurut saya dalam memberi penjelasan tentang dunia peternakan universitas mereka masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar